BlackBerry melancarkan gugatan pada salah satu vendor ponsel Android



BlackBerry melancarkan gugatan pada salah satu vendor ponsel Android, yakni Blu Product. Blu dianggap melanggar paten perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut.


Dikutip detikINET dari Digital Trends, BlackBerry mendaftarkan gugatannya di pengadilan Florida, Amerika Serikat. Blu sendiri adalah perusahaan ponsel yang berasal dari AS dan dikenal dengan produk smartphone Android harga murah.

BlackBerry menuding Blu melanggar sebanyak 15 paten BlackBerry. Di antaranya soal teknologi prosesor, power management, komunikasi mobile, dan lain sebagainya. Blu dianggap meraup keuntungan dengan memakai teknologi BlackBerry tanpa permisi.

BlackBerry mengklaim sudah mencoba menyelesaikan masalah ini secara damai. Mereka menawarkan kesepakatan lisensi dengan Blu, namun mengalami penolakan. Sehingga BlackBerry memutuskan menempuh jalur hukum.

"Meskipun BlackBerry sudah berupaya bernegosiasi, Blu terus saja menjual dalam jumlah cukup banyak produk yang menggunakan teknologi BlackBerry tanpa izin," sebut BlackBerry dalam gugatannya.

Belum ada tanggapan dari Blu soal gugatan itu. Yang jelas, BlackBerry belakangan giat melancarkan gugatan pada perusahaan yang dinilai melanggar paten teknologinya. Belum lama ini, mereka juga menggugat perusahaan teknologi Avaya ke pengadilan California.

BlackBerry memiliki sekitar 44 ribu paten yang cukup besar nilainya. Di tengah penjualan handsetnya yang terjun bebas, pendapatan dari paten semakin penting nilainya bagi BlackBerry.
>