Tips Aman Membeli BlackBerry

Tips Aman Membeli BlackBerry

Paling aman dan nyaman beli Garansi Resmi, tinggal datang ke outlet, pilih seri, dan aktivasi langsung di tempat. Namun jika dana terbatas dan harus memilih antara BlackBerry Garansi Distributor, Garansi Toko, ataupun Non-Garansi, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

1. LOCKED / UNLOCKED

Handset tersebut biasanya dibeli dari kondisi LOCKED, namun melewati proses unlock BlackBerry ini sudah dapat digunakan, pastikan bahwa handset Anda sudah di-unlocked.
Cara memeriksa handset sudah di Unlocked atau belum :

* Pilih [Options] -> [Advanced Options] -> [SIM Card]
* Pada layar yang muncul, ketik MEPD di keyboard, menu baru akan muncul, dan pastikan semua opsi dalam kondisi DISABLED

2. PIN dan IMEI

Berbeda dengan ponsel-ponsel lain, BlackBerry dilengkapi oleh 2 identitas yaitu PIN (Personal Identification Number) dan IMEI (International Mobile Equipment Identity)

PIN digunakan oleh RIM untuk mengidentifikasi BlackBerry yang akan menggunakan BlackBerry Service dari RIM atau dengan kata lain saat registrasi layanan BlackBerry PIN dan IMEI ini diperlukan sebagai identifikasi perangkat ketika berada dalam jaringan server BlackBerry. PIN bersifat mengikat di setiap handset BlackBerry, sistem Push Mail BlackBerry ataupun Konektivitas serta Keamanan-nya ditandai dari PIN ini Pula.

Nomor PIN ini juga berlaku sebagai ID yang digunakan dalam BlackBerry Messenger (BBM) sehingga PIN berfungsi sebagai nomor telepon kedua untuk berhubungan dengan sesama handset BlackBerry.

Jika PIN dari BlackBerry Anda Palsu atau hasil Clonning, maka Anda kan menemukan kendala untuk mengakses layanan BlackBerry. Hal ini seringkali terjadi ketika pengguna BlackBerry membeli Handset BlackBerry dari pasaran tak resmi.

Untuk itu, Anda harus mengecek benar-benar nomor PIN dan IMEI. informasi PIN dan IMEI yang tercantum pada dus, pada stiker dalam ruang baterai handset BlackBerry, dan harus sama dengan yang tertera dalam handset BlackBerry. Caranya :

* Anda bisa masuk ke [Options]->[Status] atau dengan menekan tombol (alt kiri+shift kiri+h) di keyboard. Disini Anda akan menemukan informasi nomor PIN dan IMEI yang tercantum dalam sistem BlackBerry.

Jika sama, berarti Anda sudah terlepas dari kemungkinan PIN palsu ataupun PIN cloning. Tapi ini bukan berarti Anda terlepas dari PIN Suspend.

Jika BlackBerry Anda Suspended Anda tidak bisa menggunakan handset Anda untuk berlangganan layanan BlackBerry. PIN tersebut di blok oleh RIM dikarenakan oleh beberapa sebab sperti handset merupakan hasil curian, cloning, sales fraud dsb.

Jika satu handset Blackberry dilaporkan hilang, maka RIM akan mengeluarkan PIN tersebut dari server dan secara otomatis PIN tersebut tidak akan lagi dikenali dan tidak akan bisa dipakai lagi untuk mendapatkan layanan BlackBerry Service dan internet, namun Anda tetap bisa melakukan panggilan Telepon dan SMS.

Jika PIN terdeteksi oleh operator ataupun RIM sebagai PIN Ganda, maka handset BlackBerry yang mengalami penggandaan tersebut akan diblokir terlepas dari apakah Anda pemilik resmi maupun tidak. Maka dari itu hati-hati dalam menyimpan dan membagiakan nomor PIN dan IMEI Anda.
>